Inilah 5 Komponen Jam Tangan yang Jarang Diketahui

Inilah 5 Komponen Jam Tangan yang Jarang Diketahui

Mereka yang hobi mengenakan jam tangan belum tentu memahami tiap komponennya. Padahal belajar anatomi jam tangan baik untuk mencegah kerusakan parah pada jam tangan. Setidaknya kamu menyadari apa komponen jam tangan yang sedang bermasalah dan butuh perbaikan segera. Toko Jam Tangan Mewah Jakarta ini selain jual jam tangan mewah juga melayani reparasi jam tangan kalian lho guys.

Mengenal Lebih Dekat Tiap-Tiap Komponen Jam Tangan

  1. Sweeping Seconds Hand

Saat belajar tentang waktu, kamu mengenal menit, detik dan jam. Dalam jam tangan analog ketiga waktu tersebut digambarkan menggunakan jarum.  Sweeping seconds hand merupakan jarum jam tangan paling panjang dan tipis. Pergerakan jarumnya sangat halus dan kontinu tidak berjeda.

Jarum detik umumnya memiliki warna yang berbeda dari jarum jam atau menit. Jika jarum menit dan jamnya menggunakan warna hitam maka sweeping seconds hand sengaja dicat berwarna merah.

  1. Bezel

Ada dua material yang menjadi langganan bezel jam tangan yakni keramik dan logam. Bezel ini dipasang mengelilingi kristal atau kaca jam tangan. Membuat jam tangan terlihat lebih elegan dan cantik.

  1. Crystal

Merupakan kaca penutup atau pelindung dial jam tangan sehingga komponan internal tidak langsung bersentuhan dengan debu maupun sinar matahari. Crystal yang digunakan bukan jenis yang biasa. Contohnya jam tangan expensive yang wajib memakai sapphire crystal untuk tampilan luxury.

  1. Crown

jam tangan modern tidak hanya menunjukan waktu tapi juga tanggal. Untuk mengatur mekanisme waktu maupun tanggal tersebut dibuatlah crown. Komponen ini dipasang di sisi terluar, biasanya berbentuk lingkaran.

Khusus jam tangan yang didesain anti air, crown dibuat selayaknya screw down. Sehingga air tidak merembes masuk ke bagian dalam dan membuat jam tangan menjadi lembab.

  1. Hand

Merupakan jarum jam yang menunjukan waktu hour, minute atau second. Seiring perkembangan teknologi, beberapa pabrik jam tangan menambahkan bahan tertentu sehingga hand dapat berpendar dalam kegelapan.

Itulah lima komponen jam tangan yang mungkin sudah pernah kamu dengar atau belum pernah dengar sama sekali istilahnya. Selain kelima komponen tersebut, tentunya masih ada komponen penting lainnya seperti hour maker atau dial.

Masing-masing komponen jam tangan memiliki fungsinya tersendiri. Membantu jam tangan bekerja sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *